Nama Pakaian Adat Aceh,Gambar Lengkap

Nama Pakaian Adat Aceh,Gambar Lengkap

keterangan pakaian adat aceh
pakaian adat aceh

Daerah Istimewa Aceh atau yang sering disebut dengan serambi Makkah ini sangat kental akan pengaruh islam dari jazirah arab. Selain dari senjata khas aceh rencong yang berukirkan ayat suci alquran, begitupun dengan pakaian adat aceh yang kental akan budaya islam


Setelah membahas tentang rumah adat aceh,serta rencong senjata tradisional Aceh beberapa waktu lalu, tidak lengkap rasanya jika Tulisan Panda tidak melanjutkan pembahasan lengkap lainnya mengenai budaya Aceh.

Kali ini kita berkesempatan untuk membagikan informasi tentang bagaimana Pakaian adat aceh didalam artikel ini secara lengkap. Selengkapnya, berikut penjabarannya.

Pakaian Adat Aceh

Pakaian adat aceh untuk pria bernama Linto Baro,sedangkan untuk wanita disebut Daro Baro. Keduanya memiliki karakteristik dan ciri khas sendiri, seperti yang bisa kamu lihat dari gambar berikut.

gambar pakaian adat aceh perempuan
gambar pakaian adat aceh

Pakaian Adat Aceh Untuk Pengantin Laki-Laki


Pakaian adat Linto Baro diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan perlak dan Samudera Pasai, biasanya digunakan oleh pria dewasa untuk mengikuti upacara adat atau upacara ke-pemerintahan.

    Bagian Penyusun Baju Linto Baro


    Baju Linto baro sendiri tersusun atas beberapa bagian dari atasan hingga bawahan seperti berikut.
  • Baju atasan disebut baju Meukasah
  • Celana panjang disebut siluweu
  • Kain sarung disebut dengan Ijo krong
  • Sebuah siwah atau rencong yang menjadi senjata khas adat aceh
  • Serta, terakhir penutup kepala disebut meukeutop
  • Penjelasan dari beberapa unsur dari baju penyusun baju adat tradisional aceh diatas akan dijelaskan lebih detail berikut ini

    Baju Meukeusah


    Yang pertama ialah bagian baju Meukeusah, baju ini biasanya terbuat dari sutera dengan warna dasar hitam. Warna hitam sendiri dalam adat aceh mebangkan kebesaran, sehingga tak jarang baju meukeusah disebut juga baju kebesaran aceh.

    Jika dilihat kembali,pada baju meukeusah kita dapat melihat sulamat dari benang emas yang mirip seperti kerah baju China, diperkirakan hal ini terjadi karena terdapat asimilasi antara budaya Aceh dan china yang dibawa oleh pelaut zaman dahulu.

    Celana Sileuweu


    Celana yang didalam adat aceh disebut sileweu ini berwarna hitam seperti bajunya,hanya saja bahan pembuatannya terbuat dari katun. Beberapa sumber lain menyebutkan celana ini bernama cekak musang, celana khas dari adat melayu.

    Tutup Kepala


    Bagian penutup kepala atau meukeutop ini adalah kopiah lonjong keatas dan terdapat lilitan tangkulok

    Senjata Tradisional


    Bagian terakhir untuk pakaian adat aceh untuk pengantin laki-laki yaitu senjata tradisional sebagai pelengkap.

    Senjata tradisional aceh bernama rencong ini biasanya diselipkan pada bagian pinggang dengan ganggang pisau menonjol keluar.

Pakaian Adat Aceh Pengantin Wanita


Daro Baro atau pakaian adat aceh untuk pengantin perempuan ini memiliki warna yang lebih terang, warna yang biasa digunakan yaitu, merah,kuning,hijau dan ungu.

Pakaian ini sangat islami dan tertutup, dan berikut bagian penyusunnya

    Baju Kurung


    Baju kurung yang digunakan memiliki motif kerah,panjang sampai kepinggul dan menutup semua aurat penggunanya.

    Celana Cekak Musang


    Celana cekak musang yang digunakan oleh pria maupun wanita memiliki motif yang sama,hanya saja memiliki perbedaan pada bagian warna

    Penutup Kepala Atau Perhiasan


    Patham Doi atau bunga-bunga segar ini digunakan untuk menutup kepala pengantin wanita,dan dilengkapi oleh beragam pernik dan perhiasan seperti turuk sanggul,anting,gelang,kalung dan lainnya.

Jadi itu dia pembahasan kita kali ini mengenai pakaian adat aceh baik untuk pria maupun wanita