Tips mendapatkan penghasilan dari blog indonesia

Walaupun kita tidak memiliki blog yang berbahasa ingris, karena keterbatasan kita dalam berbahasa yang menjadi masalah, namun persoalan itu sekarang ini tidak menyurutkan kita untuk terus mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan walaupun tidak sebesar dari blog berbahasa ingris. Tapi sudah cukup besar untuk standar blog berbahasa indonesia. Berikut ada beberapa tips bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari blog berbahasa indonesia kita, dan tips tersebut sudah saya kumpulkan dan saya ringkas dari beberapa website terkenal yang saya kunjungi. Rangkumannya sebagai berikut :

1. Memasang Iklan PPC

Paid per klick (PPC) adalah teknik mendapatkan uang berdasarkan klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap iklan yang anda pasang di Blog anda, penyedia iklan PPC yang populer saat ini adalah Google Adsense dan Kliksaya.com
Jika anda ingin menggunakan program PPC ini anda tidak perlu repot mencari pengiklan karena para penyedia PPC akan menyiapkannya untuk anda, yang terpenting adalah setelah anda diterima sebagai salah seorang member adalah memperbanyak pengunjung blog anda.
Banyaknya pendapatan yang kita terima tergantung dari banyaknya pengunjung yang mengklik iklan tersebut dan pihak penyedia PPC menganggapnya sah. Dan adapun pembayarannya tergantung dari ketentuan pihak PPC itu sendiri.
Kelemahan dari cara ini adalah kita harus menunggu jumlah pembayaran minimal tercapai dan pembayarannya pun harus menunggu waktu tertentu. Serta cara ini pasti akan sangat sulit dilakukan oleh pemilik bloog yang memiliki pengunjung yang masih sedikit.

2. Menyediakan tempat iklan mandiri

Cara menyediakan iklan mandiri ini maksud nya menyediakan sebuah spot space di blog yang diperuntukan untuk para pemasang iklan. Umumnya iklan ini berbentuk banner dengan beragam ukuran seperti 125×125, 300×250, 160×600, dan 780×90.
dibandingkan dengan pemasangan PPC cara ini sangatlah menguntungkan, karena uangnya lansung masuk kekantong kita, dan jumlah uangnya pun juga cukup besar. Jika pengunjung dari blog anda banyak maka akan banyak pula para pemasang iklan bermunculan.

3. Menjual buku sendiri

Cara yang paling menguntungkan berikutnya adalah dengan cara menjual buku sendiri. Anda bisa menjual buku yang dicetak oleh pemerintah ataupun menjual buku sendiri atau e-book. Adapun buku yang anda jual tersebut haruslah bermamfaat bagi orang lain, dan isinya pun juga sebanding dengan harga nya dan berkwalitas tinggi.

4. Mengikuti program Afiliasi

Afiliasi adalah model menghasilkan uang dari mempromosikan produk (bisa juga jasa) orang lain. Umumnya, Anda tidak perlu membeli produk tersebut untuk menjadi affiliate-nya. Uang yang akan Anda peroleh bergantung pada jumlah pengunjung yang membeli produk yang Anda tawarkan di blog atau di daftar pelanggan blog Anda.
Beberapa contoh afiliasi adalah
a. afiliasi hosting (misalnya hosting Hostgator)
b. afiliasi buku atau ebook
c. afiliasi software (misalnya Long Tail Pro)
d. afiliasi jasa
e. afiliasi barang (misalnya Lazada)
Kelebihan utama afiliasi adalah Anda tidak perlu repot membuat produk yang hendak Anda tawarkan kepada pengunjung blog Anda. Anda tinggal membuat review atau menampilkan banner produk atau jasa tersebut. Tentu saja review dan banner tersebut mengandung link afiliasi yang Anda peroleh dari penyedia afiliasi.
Seperti halnya PPC, kelemahan terbesar metode ini adalah Anda tidak memperoleh langsung komisi yang Anda peroleh. Anda harus menunggu dalam jangka waktu atau batas minimal pembayaran yang ditentukan oleh masing-masing penyedia afiliasi. Penghasilan Anda juga bisa hilang karena Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan penyedia afiliasi.


5. Menyediakan jasa

Anda punya keahlian tertentu? dengan memamfaatkan keahlian anda itu anda bisa mendapatkan penghasilan sendiri, contohkan saja anda ahli dalam mendesai sebuah logo. Jadi anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo kepada para pengunjung anda. Atau jasa-jasa lainnya yang bisa dimamfaatkan adalah :
a. Jasa mendesain Blog
b. Jasa pembuatan artikel
c. Jasa penerjemah
d. Jasa pengetikan dan lain-lain
Jika anda menggunakan cara ini. Anda harus menunjukkan semua keahlian anda dalam hal tersebut, dengan tujuan agar suatu saat pemesan tersebut juga akan memesan dihari akan datang.

6. Menjual theme atau pluggin

Untuk memperoleh uang, Anda bisa juga menjual theme atau plugin di blog Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau membayar orang lain. Model theme dan plugin yang sering dijual blogger adalah:

a. Theme untuk AdSense, toko online, atau afiliasi Amazon
b. Plugin untuk membuat tabel responsif
Keuntungan dari cara ini adalah uang langsung masuk kantong Anda. Adapun kelemahannya adalah Anda harus menginvestasikan uang yang relatif banyak jika Anda menggunakan jasa programer untuk membuatkan theme atau plugin Anda.

7. Memberikan bimbingan Private

Bimbingan privat (private coaching) adalah metode mencari uang lain yang bisa Anda lakukan di blog Indonesia Anda. Jika Anda menempuh cara ini, Anda harus memiliki keahlian tertentu untuk membimbing klien Anda. Keahlian tersebut akan berbading lurus dengan jumlah uang yang akan Anda terima.

9. Menyediakan Membership

Membership adalah program keanggotaan berbayar dalam jangka waktu tertentu. Materi dari program ini tidak ada di blog sehingga eksklusif untuk anggota berbayar.
Uang yang akan Anda peroleh dari program ini akan masuk kantong Anda tiap bulan dalam jangka waktu tertentu (misalnya 6 bulan), tanpa menunggu atau berbagi komisi (jika Anda tidak membuatkan program afiliasinya).
Sayangnya, jika Anda seorang blogger pemula, membership bukan cara yang cocok untuk Anda karena Anda harus memiliki keahlian ekstra. Umumnya yang menggunakan cara ini adalah para blogger sukses, misalnya mereka yang sebulannya menghasilkan $5.000 dari Google AdSense atau afiliasi.

10. Menjadi Pembicara Seminar

Jika Anda seorang blogger otoritas di topik tertentu, Anda bisa mendapat undangan sebagai pembicara di seminar yang berkaitan dengan topik yang Anda bahas di blog Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang blogger otoritas di bidang pengembangan diri, Anda akan diundang sebagai pembicara di seminar seputar pengembangan diri.
Honor akan Anda terima dari cara ini bergantung pada seberapa terkenalnnya Anda. Dari pengalaman saya sebagai pembicara pemula, honor yang saya terima adalah Rp 1 juta untuk seminar teknik penulisan artikel berkualitas.

kesimpulannya adalah : Jadi anda tidak perlu merasa minder dengan ketidak mampuan dalam menggunakan bahasa ingris dalam blog anda, karena walaupun kita menggunakan blog berbahasa indonesia hal tersebut tidak menjadi suatu masalah yang besar. setidaknya 10 cara mendapatkan penghasilan diatas dapat membantu anda sekalian dalam mendapatkan gaji dari blog anda. silahkan bagikan pengalaman anda pada bagian komentar dibawah.
Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanpanda.com. Donasi anda dapat berupa Klik iklan,share artikel, maupun via paypal kirim ke blogmaster.clone@gmail.com , Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips mendapatkan penghasilan dari blog indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel